7 Perbandingan Vainglory vs Mobile Legends Mana Lebih Bagus ?


Vainglory vs Mobile Legends - Hallo sahabat blogger kembali lagi dengan saya BELAJAR-DA , makasih banyak buat kalian yang kaga bosen-bosennya membaca artikel yang udah saya tulis, berkat kalian yang suka membaca artikel blog ini saya jadi makin semangat untuk selalu update artikel.

Nah pada artikel ini saya akan membahas tentang perbandingan antara game Vainglory vs Mobile Legends , dalam artikel ini saya akan berusaha untuk bersifat netral dan tidak membela game manapun, jadi silahkan sobat pembaca sendiri yang menilainya.

Semakin berkembangnya game Moba android membuat persaingan antara Mobile Legends dan Vainglory semakin memanas dan banyak sekali orang yang membanding-bandingkan kedua game tersebut.

Walaupun demikian hal yang harus kalian ketahui bahwa game moba yang populer di Indonesia tidak hanya 2 game diatas, masih ada heroes evolved, dan mobile arena yang sekarang berganti nama menjadi Arena of Valor (Aov) yang kemungkinan besar juga akan saya buat artikel perbandingan ataupun versusnya. Setelah berpanjang lebar langsung saja kita ketopik pembahasan .

Perbandingan Antara Vainglory dan Mobile Legends :


1. Size Game


Size Game

Semua player Moba pasti tau akan size game mobile legends yang sangat kecil (138 MB)  di banding dengan Vainglory (1,2 GB belum termasuk data instalasinya).

Nehh tentunya kedua hal diatas menentukan pasar yang dapat di jangkau lebih luas oleh Mobile Legends. banyak orang yang enggan bermain Vainglory karena mereka beranggapan bahwa game tersebut terlalu banyak memakan kuota untuk instalasi dan memakan banyak ruang di memory.

Jika dikatakan memakan banyak memory memang benar tapi, yang menjadi catatan salah satu teman saya pernah memainkan game ini menggunakan Android yang memiliki RAM 1 GB , dan tidak mengalami lag yang signifikan , cukup luar biasa bukan ?


2. Kontrol


Kontrol

Yang menjadi perdebatan antara Mobile Legend dan Vainglory ialah kontrol.

Dalam game Vainglory kontrol Hero menggunakan touchscreen sehingga para player yang belum terbiasa dan para player yang memiliki hp kecil dan jari tangan yang besar akan sangat sulit memainkan game ini.

Banyak orang yang beranggapan inilah yang menjadi kelebihan dari Vainglory. Sedangkan game Mobile Legends kontrolnya menggunakan analog ataupun virtual pad

Tak jarang orang mendebatkan kontrol analog ini. Menurut saya pribadi hal ini tergantung selera masing-masing player dan tidak perlu di debatkan. Karena pada dasarnya game dibuat untuk dinikmati bukan untuk di debatkan wkwkwkwkwk. (Sok bijak :v)

3. Grafik


Grafik

Dari segi grafik nampaknya Vainglory lebih di untungkan , dengan ukuran size game yang mencapai 1,2 GB tentu Vainglory lebih memanjakan mata para playernya apalagi jika dimainkan di smartphone yang memiliki layar yang besar.

Hal ini mungkin berbanding terbalik jika dibandingkan dengan Mobile Legends yang jika saya rasakan grafik dari game ini sangat kurang , walaupun demikian game ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pecinta game moba android di Indonesia.


4. Fitur Game


Fitur Game

Dalam hal ini mungkin mobile legends lebih di untungkan , selain memiliki fitur live Streaming langsung dari game , mobile legends juga memiliki fitur fitur voice chat yang tidak dimiliki oleh Vainglory (di game tersebut hanya menggunakan tanda atau simbol sebagai perintah).

Jadi jika kalian ingin memainkan game dengan teman yang berada jauh sekalian berkomunikasi kalian dapat memilih game ini untuk dimainkan.


5. Jumlah Player dan Lane


Jumlah Player dan Lane

Hal selanjutnya yang menjadi perbandingan dalam Vainglory vs Mobile Legends ialah Jumlah Player dan Lane.

Sampai saat ini jumlah keseluruhan player yang dapat bermain dalam satu pertandingan ialah 6 orang , yang artinya VG mengusung tema 3 vs 3 dengan jumlah Lane 1 Jalur.

Sedangkan Mobile Legends sampai saat ini jumlah keseluruhan player yang dapat bermain dalam satu pertandingan ialah 10 orang , yang artinya ML mengusung tema 5 vs 5 dengan jumlah jalur yang bervariasi ( 1 Lane dan 3 Lane) jadi para player dapat lebih leluasa dalam menentukan game yang ingin dimainkan.


6. Keseimbangan Gameplay


Keseimbangan Gameplay

Di dalam game Mobile Legends terdapat salah satu fitur untuk mengupgrade emblem. Emblem ini berfungsi untuk menambah ataupun meningkatkan status (magic power, defense, HP dll) .

Nahh beberapa emblem akan terbuka jika kita sudah mencapai level tertentu , jadi tentu saja para player yang sudah memainkan game ini dalam tempo waktu yang lama dengan player yang baru belajar terjadi banyak ketidak seimbangan, ditambah lagi bahwa level emblem tersebut dapat kita tingkatkan dengan uang asli.

Jadi siapa saja yang mengeluarkan uang lebih banyak akan lebih cepat naik level dan lebih kuat statusnya.

Ditambah lagi jika level kalian sudah tinggi maka akan banyak ability yang terbuka dan hal ini tentunya sangat tidak menguntungkan para player yang levelnya masih rendah ataupun yang baru belajar.

Dan jika kalian membeli skin di dalam game Mobile Legends kalian akan meningkatkan status kekuatan Hero kalian yang tentunya ini sangat berbeda dalam game Vainglory yang seimbang dalam berbagai macam aspek.

Walaupun ada pembelian di dalam game ini tapi semua itu sama sekali tidak menambah status dari Hero yang bersangkutan, hanya saja merubah penampilan efek dari tampilan skill Hero Tersebut.


7. Wadah Berkompetisi


Wadah Berkompetisi

Vainglory dirilis pada tanggal 16 November 2014 sedangkan ML dirilis pada tanggal 9 November 2016.

Dari data di atas tentu Vainglory lebih tua dibandingkan mobile legends yang tentu saja Vainglory memiliki wadah yang lebih besar untuk berkompetisi (esport dan kompetisi internasional)

Jadi untuk kalian gamers profesional yang bertujuan untuk mengalahkan semua para gamers moba android yang ada di dunia maka Vainglory adalah pilihan yang tepat.

Tapi jika kita melihat situasi game mobile legends yang sudah di download 50juta kali di PlayStore tentu tidak menutup kemungkinan mobile legends dapat masuk eSport atau kompetisi Internasional.

Penutup

Nah itulah beberapa perbandingan paling mencolok antara Vainglory versus Mobile Legends (ML vs VG) , jadi menurut pendapat kalian Game mana yang lebih bagus ? Silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga artikel yang saya tulis ini dapat berguna dan bermanfaat dalam menambah wawasan kalian dalam bermain game mobile legends ataupun Vainglory. Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dalam penulisan kata , data ,ataupun huruf yang saya buat di artikel ini.