15 Tips Bermain Mobile Legends dari Mastahnya !

Tips Bermain Mobile Legends

Trik main mobile legends - Hallo hallo hallo sahabat blogger wkwkkwwk , kembali lagi dengan BELAJAR-DA kali ini saya akan memberikan tips & trik bermain mobile legends agar kalian tak terkalahkan dan selalu mendapat kemenangan mutlak disetiap match.

Siapa yang tak tahu dengan game mobile legends ini , game yang sudah didownload oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia ini menjadi sangat booming di Indonesia . Maka dari itu wajar saja jika banyak orang yang ketagihan dan ingin lebih mendalami game ini.

Selain membuat ketagihan game ini juga dapat kita mainkan secara multiplayer (wajar saja sih namanya juga MOBA wkkwwkwkkwk) sehingga kita dapat memainkannya dengan siapa saja , baik rekan kerja, teman, keluarga, istri dan pacar ( ngga jarang lho yang dapat jodoh dari game ini wkwkwkwk)

Maka dengan antusias para player yang sangat mendamba-dambakan game yang satu ini, saya berinisiatif untuk mempelajari game ini dan menyimpulkan beberapa ide pokok tentang tips dan trik bermain mobile legends.

Nahh setelah berpanjang lebar baiklah langsung saja kita ketopik pembahasan.

Tips dan Trik Bermain Mobile Legends :


1. Pahami Jenis Hero Mobile Legends


Pahami Jenis Hero Mobile Legends


Hal pertama yang harus benar-benar kalian pahami dalam tips bermain mobile legends ini ialah memahami jenis jenis Hero yang ada di mobile legends , dengan memahaminya setidaknya kalian mengetahui tugas Hero yang harus  kalian lakukan di dalam tim.

Lalu Apa Saja Jenis Hero yang ada di Mobile Legends dan Apa saja Tugasnya ?

1. Tank

Hero Jenis Tank di Mobile legends

Hero berjenis tank memiliki tugas sebagai inisiator dalam membuka war dan menjadi penampung damage musuh agar para damage dealer tidak mati dan dapat mengeluarkan serangannya.

2. Assasin

Hero Jenis Assasin di Mobile legends

Hero jenis assasin memiliki tugas dihutan dan memiliki mobilitas yang tinggi. Pada awal game biasanya assasin hanya berfokus menaikkan lvl hingga lvl 4, setelah mencapai lvl 4 barulah mereka mulai dikit demi sedikit membantu lane yang sedang terjadi war.

Hero assasin juga dituntut mengauasai map dan hutan , jadi peran assasin sangat penting di dalam tim.

3. Marksman

Hero Jenis Marksman di Mobile legends


Dalam tim biasanya marksman berfokus di Lane mid untuk menjaga tower saat bertahan, nah pada saat terjadi war atau menyerang marksman harus berada di barisan paling belakang agar tidak terkena oleh damage Hero lawan .

Sebagai marksman yang hebat kalian harus mampu menentukan Hero yang akan kalian serang dengan jeli, jangan pernah memberikan damage pada tanker lawan itu hanya sia-sia. Jadi yang harus kalian incar adalah Hero marksman lawan , di saat war inilah peran marksman sangat dibutuhkan.

4. Fighter

Hero Jenis Fighter di Mobile legends


Hero berjenis fighter saat bertahan tugasnya sama seperti Hero lainnya yaitu menjaga tower , namun saat menyerang tugas fighter hampir sama seperti tank , yaitu berada di jajaran paling depan diantara Hero lainnya karena fighter adalah Hero yang dibekali oleh hp dan defense yang cukup kuat yang membuatnya hampir mirip seperti tank.

Yang membedakan antara fighter dan Tanker ialah jika tanker tidak memiliki damage yang besar ,maka fighter berbeda 100% , fighter memiliki damage yang sangat mematikan maka dari itu kalian harus pandai dalam memilih musuh dan jangan pernah juga memberikan damage ke tanker.

5. Mage

Hero Jenis Mage di Mobile legends


Hero jenis Mage memiliki kekuatan pada skillnya yang memberikan efek damage sangat luar biasa, jadi wajar saja jika Hero berjenis mage mampu membunuh musuh hanya dengan menggunakan 3 skill utamanya, namun pada skill basicnya Mage sangat lemah.

Seperti biasa jenis Hero Mage hampir sama dengan Hero lainnya saat bertahan , namun saat menyerang Hero berjenis Mage harus berada dibelakang bersama dengan marksman .

6. Support

Hero Jenis Support di Mobile legends

Pada awal game Hero berjenis support biasanya mengawal tanker kemanapun ia pergi. Kenapa hanya mengawal tanker ? Tentu saja karena tanker adalah inisiator di setiap war , jadi terjadinya penyerangan hanya bisa terjadi jika tank yang sudah membukanya. (Jadi support harus selalu standby dibelakang tanker.)

Nah saat war terjadi, inilah peran support sangat dibutuhkan , saat terjadi war tentu saja banyak HP tim yang terkuras , saat itulah support membantu memulihkannya. kehebatan support dilihat dari seberapa tanggap ia dalam membantu tim.

Oh iya Hero berjenis support ini memiliki banyak jenis skill jadi bukan healing saja .


2. Gunakan Koneksi yang Stabil


Gunakan Koneksi yang Stabil

Hal kedua yang harus kalian perhatikan sebelum memainkan mobile legends ialah memastikan bahwa koneksi kita stabil , percaya tidak percaya bahwa kestabilan jaringan sangat mempengaruhi permainan kita .

Contoh kecil saja yang membuat kita jadi kalah saat bermain mobile legends dengan jaringan yang tidak stabil ialah , Afk , lag , munculnya notifikasi menghubungkan ulang. Yang pastinya semua hal tersebut sangat mengganggu.

Lalu bagaimana cara mengatasi lag di mobile legends? Tenang pihak Moonton telah membuat solusinya , caranya ialah mengaktifkan mode speed yang ada di pengaturan. Dengan mode ini , lag yang kalian alami akan terminimalisir.

3. Pilihlah Hero yang Tepat


Pilihlah Hero yang Tepat

Hal yang paling sering dilakukan oleh para pemula dalam belajar bermain mobile legends ialah salah dalam memilih Hero, percaya tidak percaya struktur hero yang bagus akan mempermudah kalian untuk memenangkan suatu game.

Coba kalian amati di YouTube video siaran ulang , apakah saat turnamen ada yang menggunakan over marksman? Over fighter, over support ? ataupun over Mage ? Tentunya tidak , karena struktur tim yang seimbanglah yang sangat penting.

Contoh kecilnya jika kalian terlalu banyak menggunakan tank, apa yang akan terjadi ? Iya benar sekali tim kalian akan sangat jarang mati , tapi apakah saat terjadi war tim kalian akan menang ? Tentu saja tidak karena didalam tim kalian tidak memiliki damage dealer yang berguna mengeksekusi musuh.

Contoh lainnya jika tim kalian terlalu banyak menggunakan marksman , apa yang akan terjadi ? Tentu saja kalian akan kewalahan saat mengalami war 5 vs 5 apalagi jika tim lawan memiliki tank.

Pasalnya 1 tank mampu menahan hampir 3 damage Hero markasman secara bersamaan. Nah saat kalian terlalu fokus menyerang tank apakah marksman lawan hanya akan terdiam melihat Tanknya diserang ? Tentu saja tidak .

Marksman lawan akan menyerang kalian, yang tentu saja dengan mudah membunuh tim kalian yang tidak memiliki Hero berjenis tank.

Baca Juga - 12 Hero Mobile Legends Untuk Pemula


4. Perkuat Emblem


Perkuat Emblem

Tips selanjutnya ialah memperkuat embelm , dengan emblem yang kuat Hero yang kalian gunakan secara perlahan juga akan semakin kuat sesuai dengan lvl

5. Gunakan Emblem yang Tepat


Selain memperkuat emblem tips lainnya ialah menggunakan emblem yang tepat, karena selain Hero emblem juga mempengaruhi performamu saat bermain mobile legends.

Dengan pemilihan emblem yang tepat dan pencapaian level yang tinggi maka Hero yang kami pakai akan memperoleh tambahan kekuatan, kecepatan, HP, serangan jarak jauh dan berbagai hal menarik lainnya.


6. Gunakan Spell yang Tepat


Gunakan Spell yang Tepat

Selain memilih emblem yang tepat pemilihan Spell juga sangat amat penting , karena dengan pemilihan Spell yang tepat kamu akan sangat mudah memperoleh kemenangan.

Lalu bagaimana cara menentukan Spell nya ? Sebenarnya penjelasan Spell akan sangat sulit di jelaskan , tapi inti dari pemilihan Spell ialah sesuaikan dengan Hero yang dipilih oleh tim kamu.

Jika tim kamu dominan untuk attack maka kamu dapat menggunakan skill serang dan healing.

Namun jika tim kamu dominan balance ada baiknya kamu menggunakan Spell healing saja . Spell yang saya contohkan tidak menjadi patokan lho ya , jadi jangan sampai salah kaprah. Intinya sesuaikan dengan tim.


7. Fokus Leveling di Awal Game


Fokus Leveling di Awal Game

Maksud dari fokus Leveling bukan berarti semua Hero yang ada di dalam match harus farming , ingat Leveling bukan hanya membunuh monster, dengan menjaga tower dari gangguan creep/Minion kita sudah bisa melakukan Leveling. Jadi usahakan jangan pernah menyampahi hutannya assasin agar si assasin dapat membuild itemnya dengan cepat.

Untuk kalian yang belum mengerti apa fungsi farming atau Leveling dalam game moba ialah cara untuk mempercepat peningkatan level Hero karena semakin tinggi level Hero maka damage yang dihasilkan juga akan semakin kuat (jika diimbangi dengan gold yang memadai)

Jadi cara cepat menaikan level mobile legends bukan hanya membunuh monster yang ada dihutan.


8. Gunakan Build yang Tepat

Gunakan Build yang Tepat
Saat kita bermain mobile legends dan membunuh Creep,monster ataupun Hero, kita akan memperoleh gold , nah gold itulah yang harus kita gunakan untuk membeli gear.

Nah dalam membeli gear inilah yang di namakan membuild , jadi dalam membeli item kita harus menyesuaikan dengan match atau pertempuran yang ada didalam game , jadi tidak ada patokan pasti.

Contohnya jika kamu menggunakan Hero tank dan lawan kamu lebih dominan menggunakan Hero bertipe Mage , jadi item apa yang harus kita beli ? Tentu saja magic defense bukan ? Nah jadi itulah contoh dari membuild hero jadi jangan sampai salah build. Untuk tips gear mobile legend akan saya buat versi lengkapnya dilain artikel jadi jangan lupa untuk follow halaman kami ya .


9. Ambil Posisi dan Menetaplah diawal Game


Maksud dari ambil posisi dan Menetaplah ialah saat kita bermain ranked ataupun quick match tentu kita tidak tau orang mana yang akan bermain dengan kita bukan ? Nah dengan begitu kita harus saling berkomunikasi untuk menentukan line yang harus kita tempati dan kita harus menetap di line itu pada awal-awal game , agar masing2 line dapat terjaga dengan baik dan konsentrasi tim tidak terpecah.

Jika kalian sudah mampu membagi masing-masing lane dengan baik maka assasin akan sangat leluasa dan dipermudahkan untuk melakukan Leveling , karena ia telah terbantu oleh tim yang solid.

10. Jangan Asal Maju


Jangan Asal Maju

Tips main mobile legends selanjutnya ialah jangan asal maju , banyak pemula yang bermain seenak jidatnya , tidak mengerti akan map dan strategi .

Yakin tidak yakin kita akan sangat mudah terculik jika kita tidak pandai dalam mengatur jarak dan asal maju.

Maka dari itu saat menentukan batas maju kita harus berpatokan akan tower agar kita tidak diciduk oleh tim lawan.

11. Fokuslah Pada Tujuan


Fokuslah Pada Tujuan

Dalam bermain mobile legends kita akan mendapat karakter tim yang berbeda-beda tapi perlu diingat bahwa tujuan kita hanya satu yaitu apa ? Ya benar sekali kemenangan , nah untuk memperoleh kemenangan maka kita harus fokus pada tujuan untuk menghancurkan tower , jangan hanya mengincar kill . Karena jika terlalu asik dan terlalu berlama-lama bermain maka kemungkinan peluang musuh untuk melakukan comeback akan semakin besar.


12. Jangan Bermain Secara Individu


Jangan Bermain Secara Individu

Tips ini adalah tips terpenting dari beberapa inti pokok dalam tips bermain mobile legends ini, saya sangat sering mengingatkan bahwa game moba adalah game yang tidak bisa kita menangkan jika kita hanya bermain secara individual.

Berbeda dengan game sekelas Point Blank dan game-game fps lainnya yang dapat kita taklukan hanya dengan bermain individu.

Maka dari itu kita dituntut menjadi tim yang solid digame ini, bagaimana contoh tim yang solid ? Tentu saja saling membantu dan saling pengertian satu sama lain .

Dalam membantupun kita juga harus membaca situasi jangan sampai tim kita diratakan akibat kesalahan dari salah satu pemain.

13. Kuasai Banyak Hero


Kuasai Banyak Hero

Dalam bermain mobile lagend kita dituntut seperti bunglon , agar kita menyesuaikan diri dengan tim.

Dengan menguasai banyak Hero tentu tim kita akan sangat terbantu oleh kamu yang menguasai banyak Hero. Contohnya Hero berjenis support dan tank

Kenapa jenis Hero tersebut jarang dikuasai atau digunakan ? Karena Hero tersebut memiliki peran yang sangat sulit ,penting dan tidak mengenakkan di dalam tim , walaupun demikian jika kalian dapat menguasainya saya jamin anda akan menjadi pemain mobile legends yang hebat.


14. Jangan Egois


Jangan Egois

Banyak Player Mobile Legends tidak menyadari ini permainan yang mereka tampilkan adalah permainan yang sangat egois ,

"lho apa contohnya permainan yang egois?"

udah ngaku aja kalo kamu player yang egois contoh kecilnya , apakah kamu mau ngalah setiap kali jika di tim kamu ekurangan tank ataupun support ? apakah kamu mau ngalah jika hero yang kamu gunaan di pakai orang lain ? Tentu saja jawabanya tidak,benar bukan? dengan keegoisan yang kita lakukan ini saja dapat membuat kita dan rekan kita berkonflik batin ,yang berakibat dari awal sampai berakhirnya game kita hanya akan mendumel di dalam hati , benar bukan ?


Jadi hal inilah yang harus kita jauhi agar kita dapat bermain secara solid dan mendapatkan hasil kemenangan di setiap match.


15. Selalu Lihat Map


Selalu Lihat Map

Tips bermain mobile legends yang terakhir ialah selalu melihat map.

Apa yang membedakan player pro dan pemula ? Tentu saja konsentrasi , para pemain pro mampu memecah konsentrasinya dalam melihat map, membaca situasi sambil bermain dengan enjoy.

Coba bandingkan dengan player pemula pasti mereka akan sangat sulit membagi konsentrasi antara bermain dan melihat map.
Apa sih Fungsinya Melihat Map ?
Jika ditanya soal fungsi mungkin akan sangat banyak yang dapat kita peroleh.

  • Dengan melihat map kita akan mengetahui Lane mana saja yang sedang diserang ,
  • Dengan melihat map kita mampu mengetahui rekan yang membutuhkan bantuan kita
  • Dengan melihat map kita mampu membaca situasi yang sedang terjadi di dalam game.
  • Dengan melihat map kita mampu melihat jejak pergerakan lawan
  • Dengan melihat map kita mampu menculik lawan dengan mudah
  • Dan masih banyak lagi hal yang akan kita dapatkan dengan melihat Map.

Penutup

Nahh jadi itulah beberapa tips dan trik yang saya bagikan untuk kalian di artikel ini, jangan lupa like dan share jika tips dan trik yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari tips bermain mobile legend.

Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dalam penulisan huruf ataupun kata yang saya tulis di artikel ini.