Penjelasan Lengkap Apa itu Moba ? Moba Adalah ...

Apa itu Moba


Apa itu Moba ?


Moba adalah Kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena. ( juga dikenal sebagai game ARTS yang biasanya kita mainkan dalam kategori game strategi)

Digame ini kita akan disediakan sebuah arena ,lalu bertanding bersama-sama melawan Player-player lain secara online.

Sebenarnya banyak sekali pendapat orang yang tidak setuju jika game MOBA di samakan dengan ARTS .

Karena istilah moba dianggap terlalu umum penggunaannya , karena jika kita telaah semua game online yang dimainkan di dalam arena yang sama akan di sebut moba.

Game FPS

Contohnya jika kita bermain Counter Strike Online yang jelas-jelas genre gamenya adalah FPS , apakah itu termasuk game moba juga ? Padahal semua unsur terpenuhi dari istilah moba itu sendiri.

Maka dari itu penggunaan moba sendiri masih sangat kontroversial ,dan banyak pihak yang mengganggap bahwa penggunaan ARTS lebih cocok.

Penggunaan angle view yang sifatnya overhead lebih identik dengan genre game RTS dan ARTS, yang lebih mengandalkan strategi micro layaknya menggerahkan armada atau mobilitas unit untuk menyerang.

Menariknya lagi kedua genre game di atas di populerkan oleh game yang saling bersaingan.

Contohnya saja MOBA di gunakan untuk persaingan antara game Dota dan LoL yang lebih dipopulerkan oleh game LoL. Sedangkan ARTS adalah istilah yang dipopulerkan oleh Valve.

Tapi pada faktanya istilah MOBA lah yang paling diterima oleh masyarakat untuk menggambarkan game yang mirip dengan Dota.

Nah sebelum mengakhiri artikel ini saya ingin menambah wawasan para gamers yang berbahagia tentang genre game RPG dan MMORPG.

Karena banyak sekali orang yang mengaku gamers tapi tidak mengetahui tentang kedua genre game diatas.

Pengertian Genre Game RPG


Game RPG

RPG sendiri merupakan singkatan dari kata Role Playing Game. Yang jika kita pahami lagi dari istilah di atas yang artinya kita akan memainkan sebuah tokoh buatan yang akan menjalani serangkaian cerita yang telah disetting untuk tokoh tersebut.

Lebih simplenya lagi, game yang akan membuat kamu memainkan sebuah tokoh tertentu.
Contoh gamenya sendiri ada Final Fantasty XV, The Witcher 3 dan Suikoden 2.


Pengertian Genre Game MMORPG


Game MMORPG

MMORPG sendiri merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game.

Secara umum genre game ini mirip dengan RPG, kamu akan memainkan sebuah tokoh dan menjalankan setangkaian cerita.

Namun yang membedakan antara RPG dan MMORPG adalah MMORPG dimainkan ramai-ramai dan secara online.

Contoh game MMORPG Raganrok Online, RF Online dan Black Dessert Online.

Nah jadi kesimpulan dari artikel ini ialah :

MOBA adalah game online yang dimainkan secara bersama-sama disuatu arena dengan cara bertanding 1 sama lain, tapi tapi tidak menjalani rangkaian cerita. Yang arti dari kepanjangan kata tersebut ,MOBA adalah Multiplayer Online Battle Arena .

RPG adalah game yang membuat kamu untuk memainkan sebuah tokoh dan menjalani serangkaian cerita.

MMORPG adalah game yang membuat kamu memainkan sebuah tokoh dan menjalani serangkaian cerita secara online dan beramai-ramai.

Nah jadi itulah artikel saya saya tentang moba adalah, dan apa itu Moba , semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari pengertian dan istilah moba. Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya tulis di artikel ini.