Bagian Bagian Gitar dan Fungsinya Beserta Gambar !

Bagian Bagian Gitar 

Hallo sahabat blogger kembali lagi dengan BELAJAR - DA , kali ini saya akan memberikan informasi tentang , Bagian bagian gitar.

baik gitar akustik ,elektrik /listrik ataupun klasik , agar menambah pemahaman pembaca untuk mengetahui bagian bagian dari gitar. 

cukup janggal jika anda bisa bermain gitar namun anda sendiri tidak mengetahui dan memahami bagian bagian gitar dan fungsinya. maka dari itu ada baiknya anda mempelajari tentang bagian gitar dan fungsinya. baiklah langsung saja ketopik pembahasan.

A. Bagian Bagian Gitar Akustik 

1. Headstock (Kepala Gitar)


gambar bagian gitar  Headstock


Headstock merupakan bagian dari gitar yang letaknya di ujung neck gitar yang dapat berfungsi sebagai tempat bersangganya dan bergantungnya senar - senar gitar.

Bagian dari headstock gitar memiliki beberapa jenis , berikut jenis jenis kepala gitar :
  • Les paul : Ciri dari bagian kepala les paul ialah berbentuk segi empat , memiliki 3 tunner di atas dan 3 tunner dibawah , kepala miring kebelakang. Fungsi terbaik dari jenis kepala gitar ini adalah untuk dimainkan secara solo karena sangat membantu para gitaris untuk melakukan tehnik bending.
Bending adalah tehnik menekan senar gitar dan kebawah untuk menaikkan nada .

Artis dunia yang menggunakan Headstock jenis Les paul ialah : Zakk Wylde, Mark Tremonty (Creed/Alter Bridge) , Garry Moore , Billy joe (Green Day), Jimmy Page (Led Zeppelin), Slash (GNR) dan lain-lain..

Artis indonesia yang menggunakan Headstock gitar jenis Les paul ialah Piyu (Padi) dan Andra&Stevi (Andra &The Backbone)

  • Headless : Ciri ciri dari headstock Headless ialah tanpa ada kepala , jadi ujung-ujung senar hanya di sangkutkan di ujung neck gitar , cara menyetemnyapun terbilang unik yaitu dari bawah.
Gitar yang menggunakan Jenis Headstock cocok untuk orang yang bermain solo dan tidak cocok untuk Rhythm.

Brand besar yang menggunakan jenis kepala Headless ialah Steinberger .
Sedangkan artis yang menggunakan gitar jenis ini adalah Aziz M. S dari band Jamrud

  • Lancip : Ciri-ciri dari kepala gitar lancip ialah miring kebelakang ,ujung kepalanya yang lancip , memiliki 6 tuner yang berjajar rapi , hal yang membuat Kepala gitar jenis lancip terlihat keren ialah kepala dan lehernya menggunakan kayu yang terpisah.
Fungsi dari bagian bagian gitar Headstock jenis lancip ialah untuk mengeluarkan bunyi-bunyi yang aneh dan tergantung kreativitas pengguna , dan sangat enak di gunakan untuk tehnik harmonic ,feedback, tapping, handling up-down, depth atau palm muting . 

Brand besar yang menggunakan Headstock jenis lancip ialah Ibanez, Hammer, BC Rich dan Krammer.

Artis dunia yang menggunakan kepala gitar jenis ini ialah Kirk Hammet ( Metallica), Daron Malakian (SOAD), Steve Vai, Joe Satriani, Paul Gilbert (Mr. Big) dan lain lain...

  • Stratocaster / Telecaster : Ciri-ciri dari headstock Stratocaster / Telecaster adalah ujung kepala yang bundar dan melangkung , leher dan kepala menyambung , memiliki 4 tuner diatas dan 2 dibawah.
Jenis headstock ini sangat cocok untuk kamu yang suka bermain dengan kecepatan dan kelincahan , umumnya bagian bagian gitar ini adalah bagian bagian gitar elektrik / listrik.

Jenis kepala gitar Stratocaster / Telecaster sangat keren jika dimainkan dengan efek Chours dan Clean. jenis kepala gitar Stratocaster / Telecaster tidak cocok untuk anda yang beraliran musik Thrash Metal.

Brand terkenal yang menggunakan Headstock jenis ini ialah Fender, Washburn, Bluesman, Musicman
Artis terkenal yang menggunakannya ialah Erros (SO7), Abdee (Slank)


2. Tuning Machine / Penyangga Senar 


gambar bagian gitar tuning machine

Bagian bagian gitar yang kedua ialah Tuning Machine , tuning machine adalah benda berbentuk bulat yang berfungsi untuk menyetem gitar dan menjadi tempat menggulungnya senar-senar gitar. bagian ini adalah bagian yang sangat penting perannya dalam bagian gitar.

Tuning Machine memiliki berbagai macam jenis untuk lebih lengkapnya silahkan lihat digoogle.


3. Nut Gitar


gambar bagian bagian gitar

Nut adalah bagian dari gitar yang berfungsi untuk menahan senar gitar agar memiliki posisi yang tetap dan beraturan , jadi nut gitar juga dapat dibilang sebagai penahan senar gitar.


4. Fingerboard


Gambar Fingerboard

Bagian bagian pada gitar yang berfungsi untuk menentukan nada yang ingin di bunyikan , bentuknyapun terlihat seperti papan yang datar dan memilik pembatas-pembatas , Fungsi dari fingerboard selain untuk menentukan nada adalah tempat tangan menari-nari wkwkwk

fingerboard memiliki jenis ukuran yang berbeda contohnya fingerboard gitar klasik berbeda dengan fingerboard gitar elektrik ataupun akustik.

5. Fret 


Gambar fret gitar

Fret ataupun grip gitar adalah bagian gitar yang berupa strip kawat ataupun besi yang tipis berjarak pada interval sepanjang seluruh panjang fingerboard.

Dulunya grip gitar diproduksi seacar gulungan namun semaakin berkembangnya zaman sekarang fingerboard gitar ataupun grip sudah dijual dalam  bentuk potongan yang langsung bisa digunakan atau ditempelkan kegitar.

dengan begitu kita tidak perlu susah-susah mengukur panjang pendeknya fingerboard untuk membuat Fret ataupun grip.

Bahan umum yang digunakan untuk membuat fret ataupun grip gitar adalah nickel silver ,stainless steel dan lain-lain.

jika anda menginginkan fret anda awet dan tahan lama ada baiknya anda memilih fret yang terbuat dari bahan dasar Stainless steel.

Ukuran standart fret gitar 

Fret juga memiliki berbagai macam ukuran dan jenis seperti tinggi crown , lebar crown dan tinggi tang.

Crown : Bahan atas fret yang berbentuk bulat stengah lingkaran 
Tang    : Bagian bawah yang dibuat dan ditanam kefretboard

Ukuran standart fret dan lebar crown pada gitar 

0.100" - 0.118" = jumbo ( ibanez, jackson )
0.080" - 0.095" = medium ( Fender, Gibson, Martin )
0.053" - 0.078" = small ( mandolin, banjo, akustik )

6. Fret Marker


Gambar bagian gitar Fret marker

Fret Marker adalah bagian gitar sekaligus penanda dari fret , baiasnya berbentuk titik bulat ,ataupun berbagai macam bentuk lainnya yang telah di uah oleh sang pemilik gitar .

Fret Maker berfungsi untuk memudahkan gitaris memainkan sebuah nada tanpa harus menghitung satu persatu fret.

dua titik yang ada di fret tersebut ialah tanda bahwa bagian itu merupakan 1 oktaf.

7. Sound Hole 


Gambar bagian gitar sound hole


Sound hole adalah bagian dari gitar yang sengaja dilubangi ditengah bagian dari gitar.
fungsi dari sound hole gitar ialah mengeluarkan resonasi yang diciptakan oleh senar dan tabung dari gitar tersebut.


8. Pick Guard


Gambar bagian gitar pick guard


Hal kedelapan dari Bagian bagian gitar akustik elektrik adalah pick guard.
Apa itu pick guard ? apa fungsi pick guard? pick guard adalah sebuah bahan laminasi yang ditempel dibawah senar pada body gitar.

Pick guard sangat berfungsi untuk melindungi gitar dari goresan saat menggenjreng gitar baik menggunakan kuku ataupun pick gitar.

Selain sebagai pelindung pick guard juga dapat digunakan sebagai pemberi kesan terhadap gitar yang anda gunakan , baik elegan ataupun bersih .

semua itu dapat diatur sesuai dengan pick guard , bahan untuk membuat pick guard biasanya plastik celluloid, akrilik, kaca, kayu, ataupun logam.

pada gitar gitar high- ends biasanya dipasang pick guard yang terbuat dari bahan dasar kayu yang sangat menawan sehingga mumunculkan kesan premium bagi si pengguna gitar tersebut.

Kekurangan menggunakan pick guard ialah pick guard meredam suara gitar yang kita mainkan.
hal yang harus di ingat dari bagian bagian gitar klasik ialah gitar klasik tidak menggunakan pick guard.


9. Bridge Gitar 


Bagian bagian gitar dan fungsinya

Bridge Gitar adalah bagian palingpenting yang ada dalam gitar walaupun sebenarnya semua bagian yang ada dalam gitar itu penting.

fingsi bridge gitar sendiri ialah tempat terpasangnya senar dan menentukan tinggi rendahnya action pada senar gitar.

semakin tinggi maka tangan akan semakin sakit saat menekan senar gitar , namun lama-kelamaan tangan akan terbiasa.

Standartnya Bridge pada gitar memiliki 3 jenis yaitu 

  • - Fixed Bridge        : Bridge jenis ini adalah jenis bridge yang paling simple dan mudah dipasang , selain aman jenis Fixed bridge adalah jenis bridge yang memberikan pengguna kemudahan untuk memasang senar gitar.

  • - Vintage Tremolo  :  Jenis Bridge ini adalah jenis bridge yang sering digunakan untuk jenis gitar Stratocaster , bridge ini menggunakan whammy bar untuk menekan vibrato pada gitar yang diletakkan di belakang gitar.

  • - Tremolo Up/Down : Jenis Bridge ini adalah bridge yang paling sering digunakan oleh gitaris dunia seperti Eddie Van Halen, Joe Satriani, Steve Vai dan lain-lain. keunggulan dari bridge ini adalah mudah menimbulkan / menggunakan efek-efek suara seperti Dive bomb, artificial Harmonics, Elephant sound, dan lain-lain...


10. Body Gitar 

Gambar bagian body gitar

Body gitar adalah salah satu dari bagian bagian gitar. fungsi dari body gitar ialah sebagai wadah tempat mengolah segala getaran dari senar dan menegluarkannya menjadi suara yang kita inginkan .

jenis body gitar juga mempengaruhi suara gitar , Berikut jenis jenis body gitar.

Jenis jenis body gitar


- Strat          - SG
- Tele           - Explorer
- Thinline    - V
- LP             - V2
- LPS           - Star
- VIP           - Iceman
- Soloist      - Firebird
- VW           - Musiclander
- Mockingbird       - Jaguar
- Warlock              - J-Master
- Jagstang              - Mustang
- WGD                  - L5S
- Z Body

Untuk Lebih jelasnya silahkan lihat gambar dari jenis-jenis body gitar diatas.


11. Senar Gitar 


Senar gitar adalah penghasil sumber suara yang ada pada gitar , tanpa senar gitar tidak akan bisa menghasilkan suara , jenis senar gitarpun sangat beragam , untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di internet.


B. Bagian Bagian Gitar Listrik 


Sebenarnya Bagian bagian gitar listrik ataupun elektrik sama saja dengan akustik namun yang membedakannya adalah pada bagian gitar listrik memiliki komponen-komponen elektrik yang berfungsi untuk menyambungkan suara ke sound.

maka dari itu untuk bagian bagian dari gitar listrik akan saya tulis , komponen-komponen elektriknya saja , agar artikel ini tidak terlalu panjang.

Berikut bagian-bagian gitar beserta fungsinya :


1. Pickup Selector 


Bagian bagian gitar listrik


Bagian bagian gitar beserta fungsinya pada gitar listrik ialah Pickup Selector.
Fungsi dari Pickup Selector adalah sebagai saklar untuk mengatur mengaktifkan pickup mana yang akan digunakan.
saklar ini bentuknya seperti lipstic .


2. Volume and Tone controls



bagian gitar listrik Volume and tone controls

Bagian bagian gitar dan fungsinya yang kedua ialah Volume and Tone controls , bentuk dari benda ini bermacam-macam. fungsi dari Volume adalah untuk mengatur besar lembutnya suara , sedangkan Tone Controls adalah untuk mengubah jenis suara mulai dari Low , Mid dan Highnya.

3. Tuning Lock 


bagian gitar listrik Tuning lock

Bagian bagian gitar akustik dan fungsinya yang ketiga ialah Tuning Lock .
Tuning lock letaknya berbeda-beda namun umumnya terletak di belakang bridge , fungsi dari Tuning Lock  ialah untuk dudukan kepala senar.


4. Pickup Sensor



Bagian gitar listrik


nama bagian - bagian gitar yang ini ialah Pickup Sensor , fungsi pickup sensor gitar ialah untuk menangkap getaran yang ada dan mengubahnya kesinyal elektrik lalu dikeluarkan melalui sound.

bagian ini dapat dibilang jantung dari bagian gitar elektrik karena tanpa Pickup Sensor mustahil gitar listrik dapat mengeluarkan suara , maka dari itu kita harus merawat gitar agar bagian Pickup Sensor tidak rusak .

5. Out Put jack


bagian gitar elektrik Output jack

Out Put Jack adalah Bagian gitar beserta fungsinya yang tak lain ialah untuk colokan kabel jack yang nantinya akan disambungkan kesound agar menghasilkan suara.

6. Saddle Gitar


bagian gitar elektrik Saddle gitar


Alat yang satu ini namanya adalah Saddle gitar , Fungsi saddle gitar ialah sebagai penahan senar dan tinggi rendahnya letak senar , jika di ibaratkan saddle gitar fungsinya hampir sama dengan nut gitar , namun saddle gitar letaknya dibody sedangkan nut letaknya difretboard.

nah itulah bagian komponen dari gitar elektrik , untuk bagian bagian gitar klasik dan fungsinya , sepertinya tidak usah saya jelaskan lagi karena gitar klasik dan akustik hampir mirip , yang membedakannya hanya senar dan Pick guardnya.


Sekian artikel saya tentang bagian bagian gitar , semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang ingin mengetahui komponen komponen gitar baik gitar akustik ,klasik ataupun elektrik , mohon maaf jika penulisan artikel ini memiliki banyak kekurangan.