10 Cara Merawat Gitar Akustik, Elektrik dan Klasik

Hallo sahabat BELAJAR-DA kembali lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan jawaban tentang tutorial cara merawat gitar akustik ataupun cara merawat gitar elektrik yang baik dan benar agar gitar sobat terdengar enak dan nyaring saat digenjreng.

Semua barang yang kita sayangi wajib kita rawat agar terlihat wow dan mengundang simpati dari orang yang melihatnya , terlebih barang tersebut adalah barang yang kita sayangi dan kita beli menggunakan jerih payah kita sendiri , kan sayang banget kalau tidak terawat.

beberapa pertanyaan yang sangat sering saya dengar.

- kak bagaimana cara merawat gitar klasik ?
- bang bikinin dong tutorial cara merawat gitar akustik elektrik
- kak cairan pembersih gitar akustik apa ya ?
- bikinin dong cara membuat suara gitar nyaring.
- emang bener minyak kayu putih bisa untuk merawat gitar ?

nah maka dari itu saya akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini.


Cara merawat gitar

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa gitar adalah salah satu alat yang paling populer dikalangan remaja , maka dari itu banyak para gitaris-gitaris yang tak ingin gitarnya menjadi rusak dan tidak terawat.

Banyak cara yang sebenarnya dapat dilakukan untuk merawat gitar mulai dari cara merawat gitar akustik dengan minyak kayu putih, agar membuat suara gitar nyaring.
dan dapat pula menggunakan cairan pembersih gitar , baik akustik ,elektrik dan klasik.

Beberapa manfaat dalam merawat gitar :

- Suara gitar menjadi lebih enak
- Suara gitar menjadi lebih garing
- Enak dipandang
- terlihat seperti gitar berkelas
- Menjaga agar gitar tidak mudah rusak
- Menjaga Neck gitar agar tidak bengkok

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari Merawat gitar yang tidak bisa dijelaskan namun bisa kita rasakan efeknya setelah kita lakukan , maka dari itu rawatlah gitar kesayangan agan agar enak dipandang dan lebih awet.

Setelah berpanjang lebar langsung saja kita ketopik pembahasan.

Cara Merawat Gitar

1. Letakkan Gitar ditempat yang Semestinya.

Banyak orang yang membiarkan gitarnya terbaring lemas dibawah lantai padahal tersebut dapat merusak warna dan menyebabkan garet dari body gitar agan-agan yang mulus dan seksi tersebut , maka dari itu belilah Case untuk tempat dudukan gitar.

dan kalaupun kalian tidak mempunyai case usahakan jangan membiarkan gitar terbaring atau sandarankan gitar di permukaan yang lembut.

Jauhkan Gitar dari :
- Jangan meletakkan gitar ditempat yang tinggi ataupun segala tempat yang memilik kemungkinan untuk jatuh 
- Jangan meletakkan gitar pada dinding,tembok ataupun segala tempat yang vertikal dan keras.
- Jangan tempatkan gitar pada tempat yang basah dan Lembab 

2. Usahakan Bersihkan Senar Gitar Setelah Bermain

ada 2 tipe pemain gitar yaitu pemain gitar yang tangannya berkeringat dan yang tidak berkeringat.
nah untuk anda yang tangannya berkeringat usahakan lap gitar setelah usai dimainkan , umumnya senar gitar sangat mudah berkarat apa lagi jika agan menggunakan senar gitar merk D'addario.

Bisa dijamin kalau agan tidak merawatnya dengan baik dan benar dalam usia kurang lebih 3 hari senar akan langsung karatan.

untuk cairan pembersih gitar, kalian dapat menggunakan rocksman dengan harga kurang lebih Rp.15.000 atau jika agan tidak mempunya uang agan dapat memnuangkan beberapa tetes minyak kayu putih kesenar gitar.

3. Lap body gitar setelah bermain gitar

Cara ketiga untuk merawat gitar adalah dengan cara mengelap body nya agar terlihat bersih dan terawat , semahal apapun gitar yang kalian miliki kalau tidak terlihat bersih maka gitar tersebut akan terlihat biasa saja.

Maka dari itu rawatlah body dari gitar agan agan agar pesonanya tidak memudar dan suaranya semakin enak untuk didengar.

4. Berikan Kamper didalam body gitar

Agar gitar agan terhindar dari serangga , berikan beberapa biji kamper . selain untuk mencegah serangga kamper juga dapat berfungsi untuk memberi aroma wangi untuk gitar.

5. Gunakan ukuran senar gitar yang sesuai dengan daya tahan Gitar

Beda Gitar beda juga daya tahannya , maka dari itu gunakan senar gitar yang sesuai agar gitar agan tidak bengkok necknya.

berikut macam macam ukuran senar gitar yaitu mulai dari 008 - 013.

Semakin kecil angka maka senar semakin tipis , semakin besar angka senar semakin tebal , saya sendri lebih sering menggunakan ukuran senar di angka 009 - 011 .

Oh iya untuk tambahan semakin tebal senar suara yang dihasilkan akan semakin padat sedangkan semakin tipis senar suara yang akan dihasilkan akan semakin Garing ,nyaring dan Crispy.

Crispy ? kaya gorengan dong wkwkwkw.

6. Bersihkan Fretboard 

Hal yang tak kalah penting untuk merawat gitar adalah membersihkan fretboard , karena jika fretboard tidak dirawat akan semakin cepat tipis dan jika sudah terlanjur tipis maka suara yang akan dihasilkan gitar akan terdengar Buzzy. 

sobat ga pengen kan kalo gitar kesayangan agan terdengar seperti kaleng ketika digenjreng ?

nah maka dari itu jangan lupa bersihkan fretboard gitar agan-agan dengan teratur.

Cara membersihkan Fretboard dapat menggunakan cairan Rocksman yang saya rekomendasikan diatas atau menggunakan cairan pembersih gitar yang di jual bebas di lazada ,tokopedia maupun bukalapak.

7. Hindari dari Hujan 

Tips ketujuh dari Cara merawat gitar akustik adalah hindari gitar dari hujan , untuk agan-agan yang hobby nya hangout bareng temen-teman dan membawa gitar kesayangannya ada baiknya membeli tas gitar yang anti air , agar gitar agan tidak terancam terkena hujan akibat cuaca yang sangat sulit dibaca.

saya sendiri adalah orang yang paling was-was ketika membawa gitar keluar dari rumah karena takut kehujanan , kemungkinan terbesar saat gitar terkena hujan adalah neck bengkok karena melapuknya kayu pada gitar ataupun Suara gitar yang dapat berubah .


8. Kendorkan Senar Gitar

Setelah bermain gitar ada baiknya senar gitar dikendorkan untuk menjaga gitar agan agar tidak mudah bengok necknya , namun jika agan masih belum bisa menyetem gitar lebih baik tidak usah dikendorkan , soalnya ribet jugakan nanti kalo mau main kaga bisa nyetem.

saya sendiri sangat jarang mengendorkan senar gitar ketika setelah bermain gitar.

nah untuk akan yang belum bisa Stem gitar silahkan belajar disini - Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula


9. Ganti Senar Gitar Secara berkala 

ada baiknya mengganti senar gitar secara berkala untuk menjaga kualitas suara agar gitar selalu enak di dengar dan menjauhkan kita dari hal-hal buruk ketika senar putus.

semakin lama senar gitar maka dapat dipastikan usia senar gitar semakin berkurang nah kan ga lucu kalo pas senar gitar putus dan menegnai mata kita .

cara ini juga dapat dibilang cara membuat suara gitar nyaring

10. Jangan Pinjamkan Gitar Kesembarangan Orang

Cara merawat gitar kesepuluh ini bukan tentang baik ataupun buruknya sifat kita , namun lebih kepada kepercayaan , jika ada teman yang ingin meminjam gitar usahakan berikan keteman yang memang dapat dipercaya , karna tak jarang teman yang sangat tidak bertanggung jawab ketika meminjam gitar , bahkan ada teman yang kaga mau ngembaliin gitar yang udah kita kasih pinjem, dan mau ga mau kita yang harus mengambilnya kerumah.

kan rese juga kalo ketemu temen yang kaya gini , maka ada baiknya kita hanya memberi pinjam gitar yang kita sayang keteman-teman yang memang dapat kita percayai dan bertanggung jawab.

10 tips ini dapat digunakan untuk merawat gitar klasik,akustik dan elektrik , sedikit catatan jangan terlalu sering menggunakan minyak kayu putih untuk merawat gitar .

karena  efek dari cara merawat gitar akustik dengan minyak kayu putih sendiri saya kurang memahaminya.

Setelah melakukan beberapa cara dalam merawat gitar kesayangan lama kelaman akan terasa efeknya.

Sekian Artikel saya semoga artikel ini dapat membantu agan dalam merawat gitar agar gitar kesayangan agan tidak cepat rusak dan terlihat Premium , mohon maaf jika banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini , karena saya sendiri sangat kaku dalam menulis, Akibat terlalu lama pensiun dalam menulis artikel di blog ini.