11 Tips Penting Memilih dan Membeli Gitar Akustik Yang Berkualitas

Tips Membeli Gitar dan Memilih Gitar

11 Tips Memilih dan Membeli Gitar Akustik Yang Berkualitas - Tak diragukan lagi gitar akustik ataupun Elektrik merupakan alat musik yang sangat populer dikalangan Masyarakat Remaja Pemula maupun gitaris Profesional yang sudah Tua.

Jadi Pertimbangan dalam Memilih gitar bagus yang baik dan benar maupun Tips membeli gitar akustik berkualitas Sangatlah penting mulai dari harga terendah seratus ribu rupiah ( Rp.100.000 )  , Harga Gitar Menengah Dibawah satu Juta  bahkan harga gitar Berkualitas yang di atas sejuta dengan berbagai macam merek mulai dari Yamaha , Cort , Fender, Gibson , Taylor , Takamine Dll..

Tujuan saya Memberikan Tips ini ialah Agar Sobat dirumah tidak salah pilih dalam membeli gitar yang akibatnya hanyalah sebuah penyesalan.

Karena Setiap gitar akustik ataupun elektrik memiliki ciri khas yang sangat berbeda - beda , mulai dari jenis suara , bahan material pemubuatan dll..
Berikut

Tips Penting Memilih dan Membeli Gitar Akustik Yang Berkualitas :



1. Tentukan Jumlah Uang yang Anda Miliki

Dalam menentukan gitar akustik berkualitas yang ingin kita pilih hal awal yang harus dipikirkan ialah berapa uang yang ingin atau sanggup anda keluarkan untuk membeli gitar ?

Karena ketika anda datang kesebuah toko gitar hal pertama yang anda lihat ialah harga , Semakin banyak anda sanggup mengeluarkan budget maka pilahan anda akan semakin berfariasi.

2. Tujuan anda dalam Membeli gitar

Hal kedua yang harus anda lakukan dalam memilih gitar akustik ataupun elektrik ialah Tujuan anda dalam membeli gitar ?

Apakah Hanya untuk belajar ? Hobby ? atau ingin anda jadikan Profesi ( pekerjaan ) ?

Karena jelas tidak mungkin kebutuhan Orang yang berprofesi sebagai pemain gitar sama dengan orang yang ingin belajar bermain gitar bukan ?

Saran saya jika hanya untuk Belajar anda dapat membeli gitar murah atau gitar biasa yang sering disebut kopong dengan harga dibawah 100ribuan saja , toh kenyataannya anda juga belum bisa memainkan gitar , bayangkan jika nyatanya anda frustasi dalam belajar gitar karena kunci - kunci yang rumit dan gawatnya ialah pada saat itu anda membeli gitar seharga puluhan juta tanpa berfikir panjang ?

Nah saran saya Untuk yang Hobby gitar ialah ya sesuaikan saja dengan uang yang ada dikantong anda jangan terlalu memaksakan diri  .

Dan Saran saya untuk yang sudah menganggap gitar sebagai Profesinya ialah Pilihlah gitar sesuai kebutuhan contohnya ialah anda penyanyi solo yang menggunakan gitar akustik maka pilihlah gitar akustik jangan memilih gitar elektrik .

3. Material Dasar gitar

Hal yang ketiga yang harus anda pikirkan sebelum Membeli gitar akustik yang berkualitas ialah Bahan dasar gitar itu Sendiri.

Bahan dasar sangat berpengaruh dengan jenis suaara yang dihasilkan Contohnya ialah bahan dasar gitar All Solid atau All Laminated .

Apa itu Bahan Dasar gitar All Solid ?

All Solid ialah bahan dasar gitar akustik yang terdiri dari kayu Asli , Mulai Dari Neck , Top , Body dll..

Apa itu Bahan dasar Gitar All Laminated ?

All Laminated ialah Bahan dasar yang dapat dibilang masih terbuat dari kayu Triplek .

Nah berikut Jenis - jenis kayu yang digunakan Untuk membuat gitar


  •  Ash Wood ; Terbuat dari Pohon Wtland 
Kelebihan dari kayu ini alah Resonasi lebih dan Terasa Ringan.

  • Alder Wood : Alder Sedikit lebih berat dibanding dengan Ash wood .
Kayu Alder memiliki jenis suara kuat dan Jelas

  • Maple : Kayu ini biasanya digunakan untuk Body dan Neck gitar 
Kelebihan kayu maple ialah : suara yang tedengar cenderung Tajam dan Cerah

  • Mahogany : Digunakan untuk gitar berkelas seperti Gibson , Cort , Yamaha dll.
  • Rosewood : Kayu ini biasanya digunakan untuk bagian Neck / Fret 
  • Ebony : Kayu ini termasuk kayu yang digunakan gitar - gitar berkualitas , cirinya ialah warnanya yang cenderung gelap
Sebenarnya masih banyak lagi jenis - jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasar gitar akustik ataupun elektrik tapi saya hanya membagikan itu saja lantaran kayu diatas yang bisa dikatakan sering digunakan..

4. Body gitar

Hal keempat yang harus anda pertimbangkan dalam Tips Membeli gitar akustik yang berkuaitas

Semakin kecil body gitar yang anda pilih maka suara yang dihasilkan akan semakin jelas ketika dipetik  , namun ketika di genjreng suara yang dihasilkan akan terdengar seperti memendam.

Semakin besar Body gitar suara yang dihasilkan akan semakin cerah mungkin bisa dikatakan suaranya ketika dipetik akan sangat bright dan gitar akustik yang berbody Besar ( Jombo ) Ketika digenjreng suaranya akan terdengar Enak .

5. Tempat Membeli Gitar

Hal yang satu ini bisa dikatakan sangat penting dalam Cara memilih gitar yang bagus tapi murah. banyak orang yang tertipu dengan gitar yang ia beli karena ia salah memilih tempat gitar.

saya sarankan untuk gitar bermerek yamaha anda langsung kedeler yamaha musik ditempat anda jangan membeli sembarangan karena banyak sekali gitar yamaha yang di Costum / di KW kan yang beredar di Indonesia.

Jadi saya sarankan anda sangat berhati-hati dalam memilih Toko gitar , kan sayang jika uang yang kita keluarkan tidak sebanding dengan gitar yang kita dapat.


6. Jenis Suara yang kita Sukai

Untuk langkah keenam dalam tips membeli gitar akustik yang bagus dan tips memilih gitar akustik yang berkualitas ,ini sebenarnya saya tidak bisa memberi penjelasan yang banyak karena
Setiap Pemain musik memiliki pandangan atau selera yang berbeda satu sama lain tentang jenis suara.

Tapi hal yang dapat anda pertimbangkan ialah Apakah anda Cenderung Hoby dengan Tehnik bermain Fingerstyle ? atau Tehnik Rhythm dengan Genjrengan Variasi ?

Nah untuk anda yang suka bermain gitar akustik dengan cara fingerstyle anda dapat memilih gitar yang body nya cenderung kecil karena suara yang dihasilkan akan semakin jelas, namun anda juga harus bisa mengantisipasi suara basnya , karena kebanyakan gitar yang berbody kecil suara basnya tidak terdengar terlalu ngebas atau bisa disebut juga kurang terasalah sensasi basnya.

Dan Jika anda cenderung lebih suka kegenjrengan Rhythm Anda dapat memilih gitar dengan body yang Besar , namun suaranya juga jangan terlalu bright , carilah jenis suara gitar yang padat .

7. Resonasi gitar

Apa itu Resonasi Gitar ?

Resonasi gitar Ialah Lamanya Getaran saat anda memetik salah satu senar yang ada pada gitar , resonasi juga harus diiringi dengan Intonasi gitar yang jelas.
Jadi Gitar akustik murah kualitas bagus tentu resonasi getarannya akan semakin lama jadi berhati hatilah jangan sampai salah cara memilih gitar yang bagus suaranya.

8. Minta Referensi Keteman Yang Sudah mengenal Gitar Lebih dalam.

Langkah kedelapan dalam Memilih dan Membeli gitar Akustik yang berkualitas Ialah Meminta Pendapat Orang lain yang lebih tau tentang gitar , karena kebanyaan orang tidak memkirkan tahapan yang satu ini , mereka cenderung gengsi dan bersifat ogahan .

Sifat - sifat itulah yang membuat kita salah dalam membeli gitar , Hal yang Harus kita lakukan saat meminta saraan atau refrensi keteman ialah dengarkan apa yang ia bicarakan , catat poin-poin penting yang mereka bicarakan , jangan hanya mengingatnya , karena jika anda hanya mengingatnya saya jamin ketika anda sampai ditoko gitar pikiran anda akan Blank dan kosong .

9. Mencari Refrensi di Google , Youtube , Vimeo dll.

Langkah kesembilan dalam tips memilih gitar akustik yang berkualitas ialah Carilah Refrensi mendetail yang ada di googe Contohnya Review gitar Yamaha F-310 nah ketika sudah kita baca reviewnya dan ada perasaan yang kurang puas barulah kita mencari tahu di Youtube , dengan youtube anda bisa mendengar langsung Berkulitas atau tidaknya suara gitar yang ingin anda pilih tersebut. 

10. Cek Sound langsung ditempat.

Jika semua hal diatas sudah anda tempuh demi mengetahui cara Mencari gitar yang Berkulitas dan gitar yang bagus suaranya.
langkah kesepuluh ialah Cek sound langsung ditempat , carilah gitar yang sesuai dengan feel anda ( Jangan mementingkan sebuah Merek , pilih Gitar yang mana anda merasa nyaman ketika anda mendengarkan suara yang dihasilkan ) Setelah anda merasa cocok jangan Lupa juga Seberapa nyaman jari anda saat memainkan gitar tersebut.

11. Cek Keaslian Barang

Hal yang Sangat Penting dan bahkan sangat Fital dalam Tips Memilih Gitar dan Membeli Gitar Akustik ataupun Elektrik yang Berkualitas ialah Keaslian barang , karena kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar Original dengan gitar Costum atau KW sangatlah jauh berbeda .

Berikut Tips Membedakan Gitar Asli ( Original ) Dan Costum ( Tiruan )

  • Gitar Berkualitas bagus biasanya memiliki Detail Lisensi , Otentik Fisik , Tanggal Pembuatan , dan Kualitas yang Berbeda jauh dengan gitar KW

  • Gitar Original biasanya Memiliki Logo yang Sempurna tanpa Cacat , nah jika gitar yang anda pilih memiliki cacat pada logo atau terlihat janggal dan tidak mirip seperti logo yang ada pada gitar asli ,dapat dipastikan gitar tersebut palsu.

  • Gitar Original mempunyai Detail Finishing yang berbeda dengan gitar Palsu , gitar asli terlihat sempurna tanpa cacat sedikitpun , dan dibagian manapun. karena gitar buatan pabrik besar contohnya seperti yamaha ketika produk yang mereka buat mengalami kecacatan , produk itu tidak akan diterima pada saat tahap sortir .

  • Senar yang digunakan gitar berkualitas bagus, Pada dasarnya Gitar Akustik yang Original Menggunakan Senar String / Steel bukan Senar Nylon , karena senar Nylon hanya digunakan Untuk Gitar Klasik bukan gitar akustik

  • Beli gitar Online ditempat yang memberikan Garansi Jaminan barang Asli seperti di Lazada , Bukalapak , Amazon , Tokopedia dll

  • Dan Langkah yang terakhir ialah Harga yang relatif Murah , jangan pernah tertipu dengan iming - iming harga murah apalagi gitar yang ditawarkan jauh lebih murah dengan harga aslinya , dapat dipastikan gitar tersebut gitar Palsu.


Dalam memilih gitar dan Membeli Gitar Akustik yang Berkualitas memanglah sangat Sulit dikarenakan banyaknya Pengerajin gitar yang memalsukan gitar yang ada di indonesia , Namun Setidaknya Dapat kita antisipasi dengan Tips dan Cara yang Saya Berikan diatas.

Jadi Kesimpulan Dari Poin - poin di atas Ialah :


  • 1. Dalam Tips Membeli Gitar Akustik yang Berkualitas Adabaiknya menentukan uang yang ingin dikeluarkan
  • 2 . Dalam Tips Memilih gitar akustik berkualitas ada baiknya menanyakan kediri anda sendiri apa tujuan anda dalam membeli gitar 
  • 3. Biasanya Gitar yang suaranya bagus menggunakan bagan dasar All Solid seperti yang sudah saya jelaskan di atas tentang Cara memilih gitar yang bagus suaranya
  • 4. Usahakan sebelum membeli gitar akustik menentukan jenis body gitar yang diinginkan , merek bukan segalanya namun biasanya merk akustik yang bagus suaranya dirajai oleh yamaha , cort , lakewood , takamine ( tentunya harganya terbilang mahal ) sedangkan untuk gitar akustik yang bagus dan murah anda bisa memilih gitar akustik bagus dibawah 1 juta ( sperti yamaha)
  • 5. Cara membeli gitar akustik berkualitas ialah menentukan dengan baik tempat membeli gitar.
  • 6. Cara memilih gitar akustik yang berkulitas ialah menentukan jenis suara yang kita sukai , tentunya gitar yang bagus memiliki suara yang bagus.
  • 7. Gitar akustik yang bagus dan murah biasaanya memiiki resonasi yang tinggi / lama ( berlaku untuk gitar mahal ataupun gitar murah)
  • 8. tanya dan mintalah saran keteman untuk Cara menentukan gitar akustik Berkualitas
  • 9. lakukan survey online di google , youtube dan forum diskusi lainya untuk memilih gitar akustik berkualitas
  • 10. Jika masih bingung walaupun sudah melakukan semua cara yang saya berikan diatas ialah cek sound ditempat .
  • 11. langkah terakhir dalam cara memilih gitar yang bagus ataupun tips sebelum membeli gitar akustik yang berkualitas ialah Cek Keaslian barang. 





Sekian Artikel Saya Tentang 11 Tips Penting Dalam  Memilih Gitar yang bagus Dan Tips Membeli Gitar Akustik yang Berkualitas , Semoga Artikel yang saya Berikan ini dapat Membantu dan Bermanfaat untuk anda yang sedang bingung menentukan ciri ciri gitar yang bagus .