12 Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula Lengkap


Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula

Hallo Sahabat Blogger Kembali Lagi Dengan Saya BELAJAR-DA , Kali ini saya akan Membagikan Tutorial tentang Panduan Belajar Fingerstyle Gitar  Untuk Pemula atau dalam bahasa Gaulnya Fingerstyle Guitar Lesson , yang sering dimainkan oleh gitaris - gitaris terkenal contohnya ialah Belajar Fingerstyle Sungha jung , nathan fingerstyle , igor ataupun Gareth Evans.

Sebelum Belajar Gitar Fingerstyle mari kita ketahui Dahulu Apa itu Gitar , Jenis - Jenis Gitar , Seperti Gitar Klasik dan Gitar akustik

Apa Itu Gitar ?

Gitar Ialah alat musik yang dimainkan dengan dipetik menggunakan tangan atau ujung-ujung jari .
Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar menggunakan Gitar Klasik ataupun gitar Akustik

Apa itu Fingerstyle Gitar Dan Bagaimana Cara Belajarnya ?


Fingerstyle Gitar Adalah sebuah tehnik bermain gitar dengan memetik secara langsung senar-senar gitar menggunakan ujung jari, kuku, atau pun pick (fingerpick) yang di pasang pada jari-jari kanan  atau pada jari kiri bila bermain secara kidal .

Istilah fingerstyle gitar sendiri masih sering keliru di bicarakan di kalangan awam sebagai sebuah genre atau gaya dalam bermusik. Lebih dari itu fingerstyle adalah sebuah paket komplit berbagai macam tehnik gitar dan memetik, bukan hanya sekedar "style" dalam bermain gitar.

Secara sinonim fingerstyle guitar juga berasal dari sebuah kata fingerpicking style, yang terlahir dari sebuah tradisi musik-musik rakyat (ragtime, dan lain-lain) , blues, country di Amerika Serikat dan juga beberapa musik tradisional dari negara lain seperti flamenco Spanyol, dan juga beberapa unsur Jazz dari daerah afrika.

Tehnik memetik senar gitar menggunakan jari sendiri berasal dari tehnik permainan lute (sejenis kecapi) dan vihuela , saudara jauh dari instrumen gitar. Panduan Cara Belajar Fingerstyle gitar memiliki beragam jenis variasi yang terus berkembang sampai saat ini. Dari pola permainan chord atau kunci yang sederhana dengan arpeggio, penambahan elemen artificial harmonic, slap , pola penggunaan hammer on dan pull off dengan tangan kiri dan tangan kanan jika bermain secara kidal, sampai penggunaan suara perkusi dari body gitar ,
Pokoknya Fingerstyle itu Komplit Banget Dehh Broo.

Lohh Apa itu Gitar Klasik ? Pada dasarnya Gitar Klasik itu sama seperti gitar Akustik,Gitar klasik itu identik dengan Senar gitar yang berjenis nilon , Bunyi Gitar klasik ini cenderung Lebih Mellow Cocok untuk Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula ya tapi itu tergantung Dari kamu sendiri lebih suka yang mana
Banyak kok Gitaris Indonesia yang Menggunakan gitar Klasik Contoh : Sperti Gitaris TOP indonesia Jobing Cristianto Dan nathan Fngerstyle tapi nathan sudah berpindah ke gitar akustik

Belajar Fingerstyle Gitar Dengan Gitar Akustik


Loh apa Lagi nih Gitar Akustik ? Gitar akustik ialah gitar yang dibunyikan dengan sistem akustik , Cirikhas dari gitar akustik itu bodynya lebar , Menggunakan Senar String Baja .
Kelebihan Gitar ini lebih enak bunyinya buat digenjreng , pada awalnya saya Belajar Fingerstyle Gitar menggunakan Gitar Klasik kemudian saya berpindah kegitar Akustik 


13 PERINSIP BELAJAR FINGERSTYLE GITAR UNTUK PEMULA (KONSEP DASAR NIAT KAMU)


13 PERINSIP BELAJAR FINGERSTYLE GITAR UNTUK PEMULA (KONSEP DASAR NIAT KAMU)

1. PANTANG MENYERAH  

Panduan Cara Bermain Gitar Fingerstyle itu ga mudah , jadi kamu harus kuat dan siap tahan banting untuk Memahami Setiap Tehnik - tehnik fingerstyle Guitar .

2. TANAMKAN SIFAT OPTIMISME

Sifat Optimisme sangat Penting untuk kamu , kalo kamu nggak optimis akan menjamin kamu akan ngundurin diri dari Belajar gitar Fingerstyle , Percaya deh belajar gitar Fingerstyle itu Mudah bro asalkan ada Niat, ga ada yang susah di Dunia ini apa lagi cuma belajar gitar kaya gini.

3. JANGAN TERLALU BANYAK BELAJAR LAGU TAPI . . .

Lohh kenapa ga boleh terlalu banyak Belajar Lagu , iya jelas ga boleh , karena apa ? karena lagu yang satu ini aja kamu belum bisa mempelajarinya apalagi nanti yang lain , terus kamu denger lagu baru lagi , trus kamu ingin belajar lagu itu , lahh walah kan lagu yang dulu dulu belum kelar , jadi kamu harus FOKUS KEPADA PEMBELAJARAN LAGU AWAL sempe kamu bisa , baru kamu lanjut kelagu yang Lain.

4. MEMILIKI GITAR

loh kok  harus punya gitar sendiri ? ya jelas kalo enggak gimana lu mau Belajar Bermain Gitar Fingerstyle Bro , masa Setiap lu mau belajar Harus Pinjem-pinjem , Tenang bro harga gitar banyak kok yang murah .

Harga Gitar Mulai dari 100ribuan ada kok , jadi jangan berkecil hati bagi yang belum memiliki gitar.

5. MENGIKUTI ATURAN FINGERSTYLE GITAR YANG BERLAKU

Fingerstyle Itu Menggunakan Style Tersendiri ada aturan mainnya Contoh Untuk Memetik Senar Bass nomor 6 sampe 4 kamu harus menggunakan Jari Jempol atau jari , Untuk Senar 3 kamu menggunakan jari Telunjuk , Untuk Senar 2 kamu menggunakan Jari Tengah , Untuk Senar 1 kamu menggunakan jari Manis  , jadi Bukan asal Petik gitar aja

Sebelum lanjut ke pembelajaran Selanjtnya lu Harus tau Bro Lu mau Belajar Gitar Secara Private atau Belajar Gitar Secara Otodidak , jadi gini pengertiannya

6. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR OTODIDAK


Menurut Pengertian dari diri saya sendiri Cara Belajar Fingerstyle Otodidak itu lu Belajar sendiri menggunakan bantuan berupa Buku panduan , lihat video tutorial di youtube,atau baca artikel Blog Seperti yang kamu lakuin sekarang , Menurut saya Belajar otodidak lebih efektif .
Untuk Pembeajaran Gitar Otodidak silahkan Klik Disini - Panduan Belajar Gitar Otodidak

Kelebihan Belajar Bermain Fingerstyle Gitar Otodidak Untuk Pemula :

- Hemat Biaya

Belajar Dengan Cara Otodidak itu sangat menghemat biaya , Karena lu ga perlu keluarin uang Buat bayar guru, yang lu perlu hanya buku panduan atau Kuota itupun kalo lu mau belajar dari internet

- Waktu Pembelajaran yang Bebas

Lu bebas mau jadwalin Pembelajaran Fingerstyle Gitar lu kapan aja , ga ada yang neken lu bro , kalo gue belajar Fingerstyle Gitar itu pas otak lagi Rileks2 nya bro , jadi gua bisa menimati setiap Petikan yang dan nada yang gua hafal dan mainin
dan masih banyak lagi deh bro yang lain lu bisa ngerasain sendiri kelebihannya 

Setiap Kelebihan pasti ada kekurangannya Bukan ? Berikut Kekurangan Belajar Gitar .

Kekurangan Belajar Fingerstyle Gitar Secara Otodidak :

- Tidak Dapat Mengatur Waktu Pembelajaran


Ketika kamu Belajar Bermain Fingerstyle Secara Otodidak tentu kamu tidak dapat mengatur waktu secara baik yang akibatnya , lambatnya penguasaan sebuah tehnik - tehnik fingerstyle, ntah disebabkan rasa malas dan ogah - ogahan , jadi buat yang bisa mengatur waktunya dengan baik , ga masalah sih .

- Tidak Memiliki Motivator Belajar

Kamu ga Memiliki motivator buat belajar tapi kamu bisa memotivasi diri lo sendiri dengan baca artikel - artikel tentang kisah sukses seorang gitaris atau melihat video - video permainan gitar yang memiliki tehnik yang WOW.

7. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR SECARA PRIVATE ATAU LESSON DIRUMAH


Cara Belajar main Fingerstyle Gitar Secara Private itu kamu belajar Pake guru , kamu datangin salah satu Kelas musik trus bayar kedia sebagai gurunya ,atau kamu manggil guru gitar buat kerumah, cara ini menurut gue kurang efektif buat Belajar Gitar Fingerstyle  tapi ya tergantung Pilihan bribadi masing-masing sih.

kelebihan Belajar Fingerstyle Secara Private :

- Waktu lu termanajer Lebih bagus 


Dengan memanggil guru , proses belajar gitar yang anda lakukan akan semakin teratur

- Kemampuan yang lu dapetin tergantung guru gitarnya

Kalo guru yang kamu panggil untuk belajar bermain gitar tentunya ilmu yang kamu dapat juga akan abal - abal

Kekurangan Belajar Fingerstyle Gitar Secara PRIVATE  :

- Mengeluarkan biaya lebih

So pasti jika kamu memanggil guru untuk memandu kamu belajar bermain gitar tentu kamu harus ngeluarin Biaya atau uang Lebih untuk memanggil Guru gitar .

- Ilmu yang didapatkan Tergantung Kemampuan Guru

Kalo ilmu Guru yang ngajarin lu itu Cuma Cetek / abal - abal ya itu berimbas pada kemampuan kamu dalam bermain gitar , saya sarankan sebelum mencari guru gitar kamu juga mengetahu kemampuannya jadi jangan asal panggil aja.

BERIKUT METODE PEMBELAJARAN GITAR FINGERSTYLE :

8. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR DENGAN YOUTUBE


Cara Belajar Fingerstyle Dengan Youtube


Emang bisa belajar Fingerstyle Menggunakan Youtube ? Jelas Bisa dong Bahkan saya sendiri menggunakan Metode ini karena Metode Cara Belajar Fingerstyle Guitar Dengan Youtube kita terbantu oleh tiap gambar atau video yang Detail Pokok nya yang Satu ini Mimin Rekomendasiin banget deh.

Banyak Banget Penyedia Pembelajaran Fingerstyle gitar di Youtube Contohnya : Nathan (Baerbayar) Sunghajung (Berbayar) loh kok berbayar semua ? Selow bro pasti ada kok yang gratis Contohnya Youtuber Teo Akustik Gitar ini Free 100% bro , Nlpetler , Rudigitar dan masihbanyak yang lainnya.

Kekurangan Belajar Bermain Fingerstle Guitar Dengan Youtube :

1. Memakan banyak Kuota
Youtube adalah situs penyedia video terbesar yang ada didunia , dengan adanya youtube banyak orang yang terbantu , tapi tidak diherankan lagi kalau streaming video menggunakan youtube memakan banyak kuota , yang tentunya harga kuota itu tidak bisa dibilang murah

2. Tidak Semua Orang tau situs penyedia Fingerstyle Guitar Lesson


Kekurangan yang kedua adalah tidak semua orang mengetahui apa saja nama situs yang menyediakan pembelajaran gitar fingerstyle  .

9. BELAJAR FINGERSTYLE DENGAN TAB ATAU E-BOOK


Apa itu Tab ? Apa itu E-book , pada dasarnya kedua hal ini Hampir sama yaitu Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula namun Berupa tulisan ataupun Not Balok .

Kedua Cara ini menurut mimin kurang Efektif karna Kita Ngga bisa dapet Gambaran dari setiap pergerakan Tangan , Karena pada dasarnya Tanganlah yang Berperan Penting dalam Fingerstyle Gitar
Tapi ya silahkan para pembaca memilih metodenya sendiri mana yang menurut pembaca lebih enak lewat youtube atau dengan tap dan E-book untuk belajarnya
Untuk Contoh Tab kamu bisa Cari di google banyak kok , kalo e-book itu berupa Buku Elektroni

SETELAH LU TAU SEMUA PENGERTIAN DI ATAS BARU DEH LU MULAI PREKTEK 
INI HAL YANG HARUS KAMU LAKUKAN SETELAH MEMPELAJARI TEHNIK - TEHNIK FINGERSTYLE GITAR DIATAS.

10. TENTUKAN LAGU APA YANG MAU LU PELAJARI


Langkah ini langkah paling mudah dan fatal menurut mimin , kamu harus nentuin lagu apa yang mau kamu mainin kalo menurut saran mimin karena kamu masih pemula kamu cari yang mudah-mudah aja buat belajar gitar Contohnya :
- Gabby - Tinggal kenangan
- Mely Goesllaw - Bunda 
dan masihbanyak deh yang lainnya
Inget Bro Fingerstyle Gitar itu beda ama lu asal-asal gonjrang-genjreng dan asal petik , dia punya Style tersendiri .

11. MEMAHAMI KUNCI DASAR GITAR

Kunci dasar Berperan Penting Buat kamu yang mau Belajar Fingerstyle Gitar , kenapa ?
Karena pada dasarnya Gitar itu dimainkan menggunakan kunci dan kunci yang harus pemula kuasai untuk tahap adasar ialah kunci dasar , nah kalo kuncinya aja kamu belum menguasainya bagaimana kamu ingin belajar bermain gitar ?

Sudah jelas bukan Peranan penting KUNCI DASAR DALAM BERMAIN GITAR.
Untuk kunci Dasar lu Bisa Baca disini pengertiannya Belajar Kunci dasar Gitar Untuk Pemula  dan Untuk Panduan Lengkap Belajarnya Silahkan Klik Disini - Panduan Belajar Kunci Dasar 

12. BELAJAR FINGERPICKING GITAR / POLA PETIKAN


Tentuin Fingerpicking / Pola petikan gitar lagu yang mau kamu pelajari lebih ,cocoknya kamu Cari bukan tentuin , kalo saya biasanya langsung lihat Tutorial diyoutube jadi ga susah-susah cari Pola petikan atau Fingerpickingnya , namun untuk melatih indra pendengaran kamu , saya sarankan sih untuk mencarinya sendiri , namun jika anda merasa metode ini terlalu sulit anda juga boleh melihat panduan belajar bermain gitar yang ada diyoutube.

Setelah Sekian panjang saya Bercerita tentang Teori , Memotivasi dan metode pembelajaran cara belajar bermain fingerstyle gitar , saya akan memberikan Tips Agar kamu Sukses Belajar Fingerstyle Gitarnya :

  1. 1. Biasakan Memetik Gitar Menggunakan Ujung Jari 

Kenapa pake Ujung Jari ? pada dasarnya bermain Fingerstyle gitar itu terdiri dari Petikan yang tersusun ga ada Fingerstyle yang terdiri dari Genjreng-genjrengan yang ga Jelas , jadi lu Harus Ngebiasain diri Buat Memetik gitar pake ujung jari , inget ya bro ppake ujung jari bukan ujung yang lain :v 
Nanti kalo pake ujung yang lain Ujung-ujungnya Lu gagal Belajar Fingerstyle Gitar , Sori bro gua sisipin Humor biar lu ga Bosen Baca Artikel gua yang satu ini

  1. 2. LAKUKAN SENAM JARI / FINGERING
Lakuka Pembelajaran Senam jari atau Fingering dengan cara Petik semua senar gitar dengan pola bebas suka-suka elo deh dengan Catatan lo harus petik Senar BASS nomor 6-5-4 pake Jari jempol atau ibu jari , Dalam Fingerstyle gitar Jari Kelingking tidak boleh memetik gitar atau Bahasa kasarnya Ga kepake


  1. 3. PRAKTEK
Seperti yang gua Bilang di Awal Cara Belajar main Fingerstyle itu Gampang bro asalkan lu punya niat , bukan Niat yang muncul sesaat dan Hilang tiba-tiba , yok lanjut Jika Sudah dikuasai Tips 1 dan Dua marilah kamu Cari Tutorial di youtube Dengan cara Gunakan kata Kunci Pencarian Lagu yang ingin kamu pelajari , contohnya : Tutorial / CARA Main Fingerstyle gitar Gabby - tinggal kenangan ( Usahakan Pembelajaran Fingerstyle menggunakan lagu yang mudah )


  1. 4.RUTIN LATIHAN DAN MENGULANG
Dalam tahap ini lu ga boleh Bosen ataupun nyerah ketika ketemu Kunci atau pola Petikan gitar yang susah dimainin lu harus Rutin Ngulangnya biar bisa karna apa ? Karna lu makan aja rutin masa belajar gitar ga rutin , kalo ga rutin gimana mau bisa bro .

INI TIPS TERAKHIR MIMIN KETIKA SAYA DAPAT PEMBELAJARAN KUNCI ATAU POLA PETIKAN YANG SUSAH.
YUK SIMAK DIBAWAH INI SAYA JAMIN INI PALING AMPUH


  1. 5.RELAXING
INI CARA PALING AMPUH SAYA KETIKA KETEMU HAL YANG SULIT DIPLAJARI DALAM PANDUAN CARA BELAJAR GITAR FINGERSTYLE , BIASANYA SAYA NGELAKUIN RELAXING ATAU PENDINGINAN OTAK , MASING - MASING ORANG PUNYA CARA TERSENDIRI BUAT RELAXING INI .

KALO MIMIN BIASANYA MENYEDUH SEGELAS KOPI , TRUS NYALAIN ROKOK NIKMATIN DEH DIDEPAN RUMAH BARU LANJUT LAGI BELAJAR GITARNYA WALAUPUN GA LANGSUNG LANCAR SEENGGAKNYA CARA INI AMPUH KOK BUAT MEMPER MUDAH SESUATU YANG SULIT DILAKUKAN

Untuk Menjadi Gitaris Profesional seperti Sungha Jung , Nathan Fingerstyle dan Igor memang tidak mudah , Namun Dengan Latihan dan Pembelajaran yang Rutin Bukan Berarti kita Tidak Bisa menyamai Mereka bukan ? "Do All the best to get the best"
NAH SEKIAN TUTORIAL , TIPS , TRIK DAN PENGERTIAN TENTANG PANDUAN CARA BERMAIN FINGERSTYLE GITAR .
JIKA ADA HAL YANG INGIN DITANYAKAN SEPUTAR TENTANG GITAR KAMU BISA MENGIRIM PESAN KEKOMENTAR ATAU KE-EMAIL SAYA LANGSUNG.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU DAN BERMANFAAT, JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN ARTIKEL SILAHKAN BERKOMENTAR,  KARENA KOMENTAR ANDA ADALAH MOTIVATOR KAMI UNTUK SELALU MENILIS ARTIKEL YANG BERMANFAAT DAN BERKUALITAS.
SALAM GITARIS INDONESIA 

Untuk Melihat Contoh Permainan Fingerstyle saya silahkan Cari di instagram @Dickyahmad18 dan jangan Lupa Follow ya guys .

Hargailah Karya Para Penulis Artikel dengan cara memberikan Sumber berupa link aktif Do Follow kealamat artikel tersebut, karena itulah salah satu cara memotivasi diri kami sebagai penulis blog agar selalu menyajikan konten yang Berkuaitas